Cerita Lengkap Teh Hijau

https://i2.wp.com/jualteh.com/wp-content/uploads/2012/04/teh-hijau.jpg

 

Teh hijau telah populer sebagai minuman dan tanaman obat sejak beribu-ribu tahun yang lalu. Demi mendapatkan manfaat kandungan antioksidan yang dimilikinya, teh hijau pun kini sudah diolah ke dalam berbagai produk makanan dan minuman. Teh hijau sendiri sebenarnya berasal dari pohon yang sama dengan teh biasa (Camellia sinensis), namun mengalami proses pemanasan atau fermentasi terlebih dahulu untuk mencegah oksidasi.

Menurut beberapa hasil penelitian, teh hijau juga disimpulkan dapat menurunkan berat badan bagi mereka yang suka meminumnya. Lalu bagaimana peran teh hijau hingga sangat dianjurkan untuk mendukung program diet? Berikut keuntungan dari meminum teh hijau:

1. Meningkatkan metabolisme
Penelitian membuktikan bahwa ekstrak teh hijau bisa meningkatkan energi dalam tubuh. Setelah 24 jam, ekstrak teh hijau dapat meningkatkan metabolisme sampai dengan 4%. Hal ini disebabkan oleh tingginya konsentrasi katekin polifenol, antioksidan yang terkandung pada teh hijau. Dengan adanya senyawa tersebut, intensitas oksidasi lemak dan termogenesis (banyaknya kalori yang mampu dibakar tubuh) pun meningkat.

2. Mengurangi penyerapan lemak dan membantu sirkulasi glukosa
Katekin yang terdapat dalam teh hijau dapat mencegah perubahan glukosa menjadi sel lemak. Teh hijau juga bisa membuat glukosa memperlambat peningkatan gula darah setelah makan, dan mencegah naiknya insulin yang bisa menimbun lemak.

3. Mengurangi napsu makan
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari University of Chicago terhadap tikus, hewan tersebut kehilangan nafsu makan sampai dengan 60% setelah disuntikan esktrak teh hijau setiap hari selama seminggu. Hal ini bersangkutan dengan reaksi gula darah dalam tubuh terhadap teh hijau.

4. Penyimpan kalori
Bila Anda ingin menyimpan kalori ekstra di pagi hari, maka sebaiknya ganti kopi dengan teh hijau. Anda juga bisa mencoba untuk meminum teh hijau di sore hari.

Setelah mengetahui keuntungan dari teh hijau dalam menurunkan berat badan, sebaiknya konsumsi 3-5 cangkir teh hijau per hari untuk hasil yang optimal. Hal ini bisa membantu pembakaran 70 kalori per hari. Bila tidak punya waktu untuk meyeruput teh hijau, Anda bisa mempertimbangkan pil teh hijau yang beredar bebas di pasaran. Namun sebelum memutuskan untuk meminum teh ini, ada baiknya untuk mengetahui fakta penting lainnya mengenai teh hjau.

1. Teh hijau bukanlah obat ajaib
Tidak cukup hanya dengan meminum teh hijau setiap hari, Anda juga perlu menyeimbangkan pola makan. Makanlah secara teratur dan pilihlah makanan yang sehat. Serta jangan lupa untuk rajin berolahraga untuk menurunkan berat badan secara maksimal.

2. Teh hijau tetap mengandung kafein
Bagi Anda yang memiliki masalah jantung atau tekanan darah tinggi, kafein yang terkandung dalam teh hijau bukanlah hal yang baik. Anda bisa mencoba ekstrak teh hijau, karena sudah tidak memiliki kandungan kafein lagi. Namun ada baiknya juga untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter atau pakar kesehatan, sebelum memutuskan untuk menurunkan berat badan dengan teh hijau.
( preventionindonesia.com )

Iklan