Eh Teh Putih Ada Baiknya Untuk Diet

https://i2.wp.com/padparadschatea.com/images/teh-putih.jpg

 

Pada awalnya dikonsumsi oleh Kaisar China sejak zaman Dinasti Chang (618-907) dan para anggota istana atau pejabat kerajaan. Teh putih tetap menjadi teh yang langka dan eksklusif hingga abad ke-19 saat dimulainya ekspor teh putih keluar China ke negara-negara di Asia dimana tradisi minum teh masih sangat kuat dan kemudian ke Eropa. Permintaan teh putih semakin meningkat karena kandungan antioksidan yang sangat tinggi dalam teh putih untuk kesehatan.

Dijelaskan lebih lanjut, “Hasil penelitian ilmiah dari Roderick H. Dashwood, ahli biokimia di Linus Paulin Institute, telah membuktikan bahwa kandungan aktioksidan dalam teh putih lebih tinggi dibandingkan dengan teh hitam maupun teh hijau. Kandungan polifenol yang sangat tinggi di dalam teh putih sangat bermanfaat untuk menetralisir radikal bebas penyebab kanker dan dapat mencegah mutasi DNA 2-5 kali lebih efisien dari teh hijau dan teh hitam, serta 100 kali lebih efektif dari vitamin C dan 25 kali lebih efektif dari vitamin E, sehingga juga sangat baik untuk perawatan kulit. Selain itu, manfaat polifenol untuk kesehatan adalah melancarkan aliran darah pada pembuluh darah, anti aging/anti penuaan dini dan mencegah pengerutan di kulit, menetralkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, mencegah penyakit jantung koroner, mencegah stroke, menurunkan kadar gula darah, menenangkan sekaligus menambah energi, menyehatkan gigi dan gusi, mengeluarkan racun serta menguatkan sistem kekebalan tubuh.”

“Teh putih adalah teh yang dibuat dari tunas atau pucuk daun teh muda varietas Camellia Sinensis. Teh putih ini paling baik ditanam di daerah pegunungan tinggi di provinsi Fujian, China. Teh putih dipetik hanya dalam waktu dua minggu setiap tahunnya pada awal musim semi, saat daun teh masih sangat muda dan masih diselimuti bulu-bulu halus berwarna putih. Menurut penelitian yang dilakukan Origins Natural Resources, perusahaan komestik terkemuka di dunia (2003), teh putih mempunyai manfaat: mencegah kanker kulit karena pengaruh sinar ultra violet matahari, anti aging (mencegah penuaan dini), menghilangkan keriput sekaligus mengencangkan kulit, mencegah kelebihan berat badan.”

 

( kesehatan.kompasiana.com )

Iklan