Mulai digandrungi Teh Thailand

http://www.femina.co.id/images/article/01/004/001/95/400/P

 

Berkat khasiat dan rasanya yang nikmat, minuman yang memiliki berbagai varian itu kini semakin mudah ditemui di kafe-kafe dan restoran di Indonesia. Salah satu yang sedang digandrungi adalah thai tea. Minuman khas dari Thailand ini, selain menawarkan cita rasa yang berbeda dari teh lokal, memiliki warna unik.

Thai tea biasanya tersaji dengan warna oranye cerah. Warna tersebut dihasilkan dari campuran teh dan susu. Sungguh menggugah selera. Minuman asal Negeri Gajah Putih itu identik dengan penyajiannya yang dibuat segar dan dingin. Dengan bahan dasar black tea dari Thailand yang terkenal memiliki cita rasa kuat, menu minuman ini memiliki kandungan antioksidan tinggi.

Di Thailand, thai ice tea bukan minuman mewah dan bisa ditemukan di setiap sudut kota. Bahkan penyajiannya sederhana, yakni menggunakan plastik sebagai wadahnya. Di Indonesia, thai tea juga populer, termasuk di kawasan Bandung. Di beberapa restoran dan kafe di Kota Kembang, tertulis menu minuman ini di daftar menunya. Salah satunya SG7. Kafe di Jalan Sawunggaling No 7 ini menawarkan dua varian thai tea, original dan teh hijau. Green thai tea ini cukup unik. Warnanya yang hijau pekat langsung berubah hijau lembut saat dicampur susu.

Kental Manis
Pas Sajian thai tea lainnya ditawarkan Suki Time. Tempat spesialis suki yang berlokasi di Bandung Supermal ini memiliki kualitas iced thai tea yang baik. Thai tea-nya kental dengan manis yang pas. Tak kalah menarik adalah sajian thai tea di Hotel Hilton. Jika biasanya thai tea disajikan hanya dengan susu, di Hotel Hilton Bandung, thai tea disajikan dengan jelly kenyal.

Ada sensasi tersendiri saat meminum thai tea di sini karena manisnya teh Thailand berpadu dengan kekenyalan jelly. Thai ice tea ini pun ditawarkan di beberapa restoran dan kafe lain di berbagai kota di Indonesia. Sebut saja J-Co, Dunkin’ Donuts, Raa Cha, Platinum, Tamini Cafe, Hanamasa, serta beberapa restoran lainnya. Satu lagi tempat wisata kuliner yang menghadirkan thai ice tea dalam daftar menunya, yakni Phuket Resto.

Meski masakannya khas negeri Gajah Putih, soal harga dijamin terjangkau. Tempatnya nyaman, cocok bila Anda ingin menjamu tamu atau makan bersama keluarga dan teman-teman. Menu yang ditawarkan sangat banyak dan beragam, mulai dari ayam goreng bawang putih, roti naan phuket style, kerang hijau masak daun kemangi, kwetiau sapi saus tiram, cap cay bangkok, hingga sapi karie phuket. Salah satu menu andalan resto ini ialah sup tomyum seafood. Sebagai menu minumannya, selain terdapat thai tea, di tempat ini ada thai coffee, kopi asli Thailand. san/R-2

Komentar Seleb yang Pernah Mencicipi

Kepopuleran thai tea ternyata tidak hanya dirasakan oleh masyarakat biasa. Para selebritas di Tanah Air ternyata juga banyak yang menggemari minuman sehat yang satu ini. Natasha Dewanti salah satunya. Artis kelahiran !4 Oktober 1978 ini mengaku sangat menggemari masakan Cina. Sehingga minumannya pun tidak terlepas dari Thai Tea. “Hampir setiap makan di restoran chinese food, minumnya pasti Thai Tea,” ujarnya.

Tasya pun tak sendiri, sang suami Dicky Permana juga gemar minum Thai Tea. “Berhubung dia lebih suka manis, jadi lebih banyak dia minumnya,” ucapnya. Buat gadis yang hobi traveling ini, selain enak, Thai tea juga pas untuk jadi sajian penutup setelah makan. “Dibanding minuman yang lain, Thai tea lebih enak aja karena nggak bikin eneg di perut,” tuturnya.

Tidak jauh berbeda dengan Tasya, Pesinetron tampan Kiki Farel juga sudah tidak asing dengan istilah Th ai tea. Restoran jepang seperti Hanamasa adalah salah satu tempat Kiki biasa mencicipi minuman berwarna orange itu. “Wah, kalau Thai tea sih aku sudah biasa minum,” ujarnya.

Hebatnya lagi, pria berusia 25 tahun ini juga pernah merasakan sensasi minum Thai tea di negeri asalnya Thailand. “Tahun 2011 kemarin, aku dua kali ke Bangkok. Otomatis minumnya Thai tea dong,” umbarnya. Namun bagi pria yang hobi bernyanyi ini, untuk soal rasa. baik di Thailand maupun di Indonesia sama saja. “Kalau rasa kurang lebih sama enaknya, tapi yang berbeda itu harganya. Di Th ailand cukup sekitar enam ribu rupiah saja,tapi kalau di sini bisa sampai dua puluh ribu,” ungkapnya.

Berbeda dengan Aiman Ricky, aktor yang terkenal lewat perannya di sinetron Islam KTP ini justru belum pernah mencicipi sensasi rasa dari Thai tea. Hal ini bukan tanpa alasan. Usut punya usut, ternyata ia tidak suka minum teh. Meski tidak alergi total dengan teh, namun informasi yang mengatakan bahwa teh bisa membuat gigi berwarna kuning cukup membuatnya gusar.

“Nggak mau juga kan punya gigi kuning gara-gara keseringan minum teh. Tapi kalau ada waktu, aku pasti coba kok, kan gak ada salahnya juga,” pungkasnya. san/R-2

Mengurangi Risiko Stroke

Black tea atau teh hitam yang menjadi bahan utama dalam komposisi Thai tea sudah lama dikenal memiliki khasiat yang hampir sama dengan teh hijau. Banyak orang percaya bahwa teh hijau memiliki khasiat tinggi untuk kesehatan, sehingga mereka yang menerapkan pola hidup sehat, memilih teh hijau yang lebih mahal.

Padahal menurut Dr Carrie Ruxton, secangkir teh hitam pun mampu mengurangi risiko kanker, stroke, diabetes, atau kerusakan gigi. Dr Carrie Ruxton, ahli gizi dari South Dakota Foundation menyatakan bahwa teh hitam memiliki kandungan senyawa katekin, theaflavin dan antioksidan.

Zat ini bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang berperan penting bagi kesehatan dan manfaatnya tak kalah hebat dengan teh hijau. Dalam penelitiannya, ia menemukan adanya senyawa yang sama antara teh hitam dan teh hijau. Kandungan yang terdapat pada dua jenis teh ini mampu meningkatkan fungsi pembuluh darah yang mengurangi risiko stroke secara signifikan.

Penelitian yang telah diterbitkan pada Journal Network Health Dieticians ini, menyimpulkan, bahwa teh hitam dan teh hijau berasal dari tanaman camellia sinesis ini memiliki senyawa serupa. Juga memiliki manfaat kesehatan yang juga sama baiknya.

Dari 17 penelitian yang dilakukan pada 2011 lalu, didapati bahwa risiko serangan jantung pada orang-orang yang meminum 3 cangkir teh hitam setiap hari, 11 persen lebih rendah dibanding mereka yang tidak. Selain itu, Dr Catherine Hood dari Tea Advisory Panel mengatakan, teh hitam kini semakin menunjukkan manfaatnya bagi kesehatan. “Bagi yang sudah kenal, teh hitam adalah teh hijau baru. Teh hijau dan teh hitam sama hebat khasiatnya,” ujarnya.

 

( koran-jakarta.com )

Iklan